Sabtu, 04 Februari 2012

Dominasi otak

Otak manusia terdiri dari belahan kiri dan belahan kanan yang lebih dikenal dengan sebutan otak kiri dan otak kanan. kenyataannya ada manusia yang dominan otak kiri dan ada yang dominan otak kanan.


Otak kri bertanggung jawab terhadap kemampuan verbal dan matematis seperti: bebicara, membaca, menulis, dan berhitung. proses berpikir otak kiri bersifat logis, sistematis, dan analistis. otak kiri tergolong short term memory( memori jangka pendek.)

Otak kanan berurusan dengan irama, musik, imajinasi, emosi, warna, gambar, dan diagram. cara berpikir otak kanan bersifat kreatif, tidak teratur, dan menyeluruh. otak kanan tergolong long term memory(memori jangka panjang.)

Seba bukti bahwa daya ingat otak kanan lebih lama dari pada otak kiri, ketika kita bertemu dengan teman lama, seringkali kita ingat wajahnya tetapi lupa namanya. kenapa demikian?? karena wajah (gambar) diproses oleh otak kanan yang memorinya jangka panjang sedangkan nama-nama(kata-kata)diproses oleh otak kiri yang memorinya jangka pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar