Sabtu, 24 November 2012


ANALISIS BAHASA JURNALISTIK

OLEH                         : IKLIMA SYAFITRI
KELAS           : 4E
JURUSAN      : BAHASA INDONESIA

Nama Koran    : Riau Pos
Judul               : Agamis Religius dan Cinta Lingkungan
Halaman          : 39
Tanggal           : 16 November 2011
Kolom             : 1- 6 kolom

1.      Sederhana
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, bahasanya mudah dimengerti dan tidak bertele-tele
·         Contohnya : dapat dilihat dari judulnya “ Agamis Religius dan Cinta Lingkungan.”

2.      Singkat
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, bahasa yang digunakan singkat, tidak berputar-putar, dan langsung ke pokok masalah ( to the point. )
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom ke 2 “ Kami fokuskan pada dua karakter, yaitu kebersihan lingkungan dan pembentukkan karakter yang religius.”

3.      Padat
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, mengandung lebih banyak informasi dan juga singkat.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 1, dan kolom 2 “ misalnya dengan mengadakan kegiatan keagamaan, berpakain rapi dan sopan, membiasakan siswa mengucap salam saat masuk kelas, siswa hafal Al Quran setelah tamat dari sekolah yaitu, dengan mengadakan katam Quran bagi siswa kelas 6. Selain itu, telah menetapkan karakter jujur dan cinta damai.”

4.      Lugas
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, lebih menegaskan satu arti dan menghindari adanya penafsiran lain terhadap kata tersebut
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom ke 2 “ kepala SDN 001 Sail, Ratmawati mengatakan, pasca terpilih sebagai pilot project rintisan sekolah berkarakter, SDN 001 Sail fokus pembentukkan karakter yang religius dan lingkungan yang bersih.”

5.      Jelas
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, jelas susunan kata atau kalimatnya sesuai dengan kaidah-kaidah (SPOK), jelas sasaran atau maksudnya
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom ke 2 “ ditambahkan dia, sekolahnya lebih memfokuskan pada dua karakter, yaitu kebersihan lingkungan dan pembentukkan karakter yang religius.”

6.      Jernih
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, tidak menyembunyikan sesuatu yang lain, yang bersifat negatif seperti prasangka atau fitnah.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom ke 2 “ Dalam program kemendiknas ini, sebenarnya ada 18 karakter yang ingin diterapkan pada pendidikan karakter. Kepala SD 001 Sail, Ratmawati mengungkapkan untuk tahap awal pihak sekolah dipersilahkan menerapkan sebagian. Selain itu, sekolah juga harus berkomitmen penerapan karakter yang dipilih.”

7.      Menarik
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, mampu membangkitkan minat dan perhatian khalayak pembaca dan memicu selera pembacanya.
·         Contohnya : dapat dilhat pada kolom 1 “ Tak hanya itu, dalam lingkungan pekarangan sekolah nyaris tak ada sampah berserakkan. Pasalnya, tempat pembuangan sampah di sekolah ini sudah dipisahkan berdasarkan jenis sampahnya antara sampah organik dan sampah anorganik. Selain itu juga siswa di sekolah ini juga ramah dan sopan.”

8.      Demokratis
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, tidak mengenal tingkatan, pangkat, ataupun kasta.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 3, 4, dan kolom 5 “ penerapan pendidikan karakter ini tidak diterapkan pada teori khusus. Akan tetapi, pendidikan karakter ini diintegralkan dalam seluruh mata pelajaran.”


9.      Populis
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, dapat diterima oleh seluruh masyarakat dan akrab di telinga khalayak umum.
·         Contohnya : dapat dilhat pada kolom 2 dan kolom 3 “ Diterangkan dia, apa yang disebutkan dalam program pendidikan karakter itu sebagian besarnya tidak asing lagi bagi SDN 001 Sail. Karena, beberapa tahun belakangan ini pihaknya memang sudah menerapkan sejumlah aturan dan kegiatan yang bertujuan membina pola pikir anak. Siswa sudah biasa mengucapkan salam ketika masuk kelas.”

10.  Logis
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, dapat diterima  dan tidak bertentangan dengan akal sehat.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 5 dan kolom 6 “ Ratmawati mengakui pentingnya penerapan pendidikan karakter. Karena, apa yang diajarkan saat inilah yang menentukan bagaimana pribadi siswadi masa mendatang.”

11.  Gramatikal
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, sesuai dengan kaidah bahasa baku.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 2 “ Kami fokuskan pada karakter yang agamis religius dan cinta lingkungan dengan menjaga kebersihan,’’ ungkap Rahmawati, selasa (15/11) kemarin.

12.  Menghindari kata tutur
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, tidak menggunakan bahasa informal.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 2 “ Dalam program kemendiknas ini, sebenarnya ada 18 karakter yang ingin diterapkan pada pendidikan karakter. Kepala SD 001 Sail, Ratmawati mengungkapkan untuk tahap awal pihak sekolah dipersilahkan menerapkan sebagian. Selain itu, sekolah juga harus berkomitmen penerapan karakter yang dipilih.”
13.  Menghindari kata dan istilah asing.
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, tidak diselipi oleh kata-kata asing yang tidak dimengerti pembacanya.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 1 dan kolom ke 2 “ misalnya, dengan mengadakan kegiatan keagamaan, berpakaian rapi dan sopan, membiasakan siswa mengucap salam saat masuk ke sekolah.”

14.  Pilihan kata  ( diksi ) yang tepat
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, kata yang dipilih memang tepat dan akurat sesuai dengan tujuan dan pokok yang  ingin disampaikan kepada khalayak umum.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 2 “ Ditambahkan dia, sekolahnya lebih memfokuskan pada dua karakter, yaitu kebersihan lingkungan dan pembentukkan karakter yang religius.”

15.  Mengutamakan kalimat aktif
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, lebih mudah dipahami.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 1 dan kolom 2 “ M isalnya, dengan mengadakan kegiatan keagamaan, berpakain rapi dan sopan, membiasakan siswa mengucap salam saat msuk ke sekolah. Selain itu, siswa sekolah ini hafal Al Quran setelah tamat dari sekolah, yaitu dengan mengadakan katam Al Quran bagi siswa kelas 6. Selain itu juga telah menetapkan karakter jujur dan cinta damai.”

16.  Menghindari kata atau istilah teknis
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, ditujukan untuk umum, bahasanya sederhana, dan mudah dipahami oleh pembacanya.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 3 “ Penerapan pendidikan karakter perlu karena saat ini banyak terjadi pengikisan moral sehingga karakter positif masyarakat cenderung berkuarng dan bergeser, makin maraknya prilaku korup, siswa melakukan tawuran dan sebagainya.”

17.  Tunduk kepada kaidah etika
·         Memenuhi syarat dan kriteria
·         Karena, bersifat mendidik, menggunakan bahasa baku yang baik dan benar.
·         Contohnya : dapat dilihat pada kolom 6 “  KONSEP BELAJAR : Aktivitas belajar mengajar di SD 001 Sail memadukan antara pendidikan umum, religi, dan mencintai lingkungan. Konsep inilah yang diterapkan oleh sekolahke murid-muridnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar