Selasa, 13 Desember 2016

Contoh Sinonim dan Antonim


1. Kalimat Sinonim
Abrasi = Pengikisan
Pantai Talang Sari mengalami pengikisan pantai akibat ombak.
Pohon bakau sangat penting untuk mencegah abrasi.
Agresi = Serangan
Belanda melakukan agresi militer 2 diboncengi oleh pihak sekutu.
Tentara Israel melakukan serangan terhadap warga palestina.
Ahli = Pakar
Dia adalah seorang ahli dalam bidang pangan.
Sulaiman adalah pakar ekonomi dari Indonesia.
Akurat = Seksama
Harian surat kabar Metropost selalu menyampaikan berita yang akurat.
Dia memperhatikan dengan seksama penjelasan dari bu guru.

Arogan = Sombong
Riki tidak disukai oleh temannya karena arogan.
Riki tidak memiliki teman karena sombong.
Asumsi = Anggapan
Aku berasumsi bahwa kejadian – kejadian ini adalah konspirasi.
Mereka beranggapan bahwa peristiwa ini adalah kebetulan semata.
Artis = Seniman
Rafi Ahmad adalah artis yang terkenal di Indonesia.
Pak Raden adalah seniman yang sangat berbakat.
Asa = Harapan
Aku menggantungkan asa kepada pekerjaan baruku ini.
Kedatangannya adalah harapan kami yang terdalam.
Bahtera = Perahu
Nabi Nuh membangun bahtera yang sangat tinggi agar selamat dari banjir yang sangat besar.
Ayah berlayar ke laut lepas untuk mencari ikan dengan menggunakan perahu.
Bergaul = Berteman
Adi memiliki banyak sekali teman karena dia pintar bergaul.
Siska tidak pernah membeda-bedakan status ketika berteman.
Berdikari = Mandiri
Kita harus berdikari dalam memenuhi semua kebutuhan hidup kita.
Aku mencoba untuk menjadi anak yang mandiri dengan tidak menyusahkan kedua orang tuaku.
Bisa = Dapat
Aku bisa menjadi seperti apa yang aku inginkan.
Aku dapat menyelesaikan soal matematika tanpa bantuan orang lain.
Dialog = Percakapan
Kami diberi tugas oleh ibu guru untuk membuat dialog bahasa Indonesia tentang meminta maaf.
Aku tidak sengaja mendengar percakapan antara Diki dan Siti kemarin malam.

Donasi = Bantuan
Para volunteer beramai – ramai memberikan donasi kepada korban gempa di Amerika.
Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu.
Gemar =Hobi
Aku gemar sekali membaca buku tentang sejarah dunia.
Aku dan Dika memiliki hobi yang sama yaitu membaca buku.
Kendala = Hambatan
Kami berharap rencana ini tidak menemui kendala sedikit pun.
Banyak sekali hambatan yang kami temukan saat melaksanakan kegiatan itu.
Pedoman = Panduan
Aku membaca buku tentang pedoman hidup sehat.
Aku mencari – cari buku panduan tentang cara membuat kue bolu.
Strategi = Taktik
Belanda menggunakan strategi yang licik untuk menguasai Nusantara.
Jenderal Soedirman berperang melawan penjajah dengan melakukan taktik gerilya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar