TUGAS
MANDIRI III
1. Mengapa
guru harus mengenal muridnya?
2. Mengapa
guru perlu membuat rencana pembelajaran (rp)?
3. Mengapa
guru harus mengadakan penilaian?
4. Bagaimana
menurut anda, jika guru mengajar tidak memakai rencana pembelajaran?
5. Bagaimana menurut anda jika guru yang tidak
menilai pr siswanya hanya memaafkan saja?
Jawab
1. Guru
harus mengenal muridnya, karena jika seorang guru tidak mengenal muridnya maka
guru tersebut tidak akan mengetahui bagaimana gaya belajar murid tersebut,
serta guru tersebut tidak akan dapat mengukur sejauh mana tingkat kemampuan
siswa tersebut. Selain itu, guru yang tidak mengenal muridnya tidak akan
disukai oleh muridnya dan murid tersebut cenderung bersikap acuh tak acuh pada
guru tersebut.
2. Karena, jika gru tidak membuat rencana
pembelajaran, guru tersebut akan kewalahan dan tidaka tau materi apa yang akan
disampaikan kepada siswanya. Sebaliknya jika gruru tersebut membuat rencana
pembelajaran guru tersebut akan bersikap tenang dan guru tersebut mengetahui
materi apa yang akan disampaikan kepada muridnya, oleh karena itu rencana
pembelajaran perlu dibuat oleh guru untuk menunjang dalam proses kegiatan
belajar-mengajar dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Guru
harus mengadakan penilaian, karena setiap kemampuan siswa pastinya berbeda,
antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Penilaian yang dilakukan oleh guru
tersebut dapat membantunya untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan setiap
siswanya. Selain itu, penilaian yang diadakan tersebut dapat juga membantu guru
tersebut dalam mengetahui gaya belajar setiap siswanya.
4. Menurut
saya, jika guru mengajar tidak memakai rencana pembelajaran grur tersebut akan
kewalahan dan binggung karena tidak menegtahui materi apa yang akan disampaikan
kepada muridnya. Seorang guru yang mengajar dengan tidak mepersiapkan rencana
pembelajaran tersebut akan mengalami kesulitan dalam penyampaian bahan ajar,
sehingga proses belajar-mengajar tidak akan berjalan dengan lancar dalam
mencapai tujuannya.
5. Menurut
saya, seorang guru yang tidak menilai pr siswanya tidak akan bisa dimaafkan
begitu saja, karena setiap muridnya pasti ingin mengetahui hasil dari pr yang dibuat oleh murid tersebut. Mereka juga
ingin mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan yang mereka miliki. Oleh karena
itu, seorang gruru yang tidak menilai pr siswanya itu harus dkritik dan diberi
saran oleh muridnya, agar guru tersebut tidak memiliki sikap pemalas dan acuh
tak acuh terhadap pr siswanya tersebut. Kerena salah satu faktor keberhasilan
siswa tersebut tergantung pada pendididk atau tenaga pengajar itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar