Selasa, 13 Desember 2016

Tugas Profesi Kependidikan


TUGAS MANDIRI III

1.      Mengapa guru harus mengenal muridnya?
2.      Mengapa guru perlu membuat rencana pembelajaran (rp)?
3.      Mengapa guru harus mengadakan penilaian?
4.      Bagaimana menurut anda, jika guru mengajar tidak memakai rencana pembelajaran?
5.       Bagaimana menurut anda jika guru yang tidak menilai pr siswanya hanya memaafkan saja?


Jawab

1.      Guru harus mengenal muridnya, karena jika seorang guru tidak mengenal muridnya maka guru tersebut tidak akan mengetahui bagaimana gaya belajar murid tersebut, serta guru tersebut tidak akan dapat mengukur sejauh mana tingkat kemampuan siswa tersebut. Selain itu, guru yang tidak mengenal muridnya tidak akan disukai oleh muridnya dan murid tersebut cenderung bersikap acuh tak acuh pada guru tersebut.

2.                  Karena, jika gru tidak membuat rencana pembelajaran, guru tersebut akan kewalahan dan tidaka tau materi apa yang akan disampaikan kepada siswanya. Sebaliknya jika gruru tersebut membuat rencana pembelajaran guru tersebut akan bersikap tenang dan guru tersebut mengetahui materi apa yang akan disampaikan kepada muridnya, oleh karena itu rencana pembelajaran perlu dibuat oleh guru untuk menunjang dalam proses kegiatan belajar-mengajar dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3.      Guru harus mengadakan penilaian, karena setiap kemampuan siswa pastinya berbeda, antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Penilaian yang dilakukan oleh guru tersebut dapat membantunya untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan setiap siswanya. Selain itu, penilaian yang diadakan tersebut dapat juga membantu guru tersebut dalam mengetahui gaya belajar setiap siswanya.

4.      Menurut saya, jika guru mengajar tidak memakai rencana pembelajaran grur tersebut akan kewalahan dan binggung karena tidak menegtahui materi apa yang akan disampaikan kepada muridnya. Seorang guru yang mengajar dengan tidak mepersiapkan rencana pembelajaran tersebut akan mengalami kesulitan dalam penyampaian bahan ajar, sehingga proses belajar-mengajar tidak akan berjalan dengan lancar dalam mencapai tujuannya.

5.      Menurut saya, seorang guru yang tidak menilai pr siswanya tidak akan bisa dimaafkan begitu saja, karena setiap muridnya pasti ingin mengetahui hasil dari pr  yang dibuat oleh murid tersebut. Mereka juga ingin mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan yang mereka miliki. Oleh karena itu, seorang gruru yang tidak menilai pr siswanya itu harus dkritik dan diberi saran oleh muridnya, agar guru tersebut tidak memiliki sikap pemalas dan acuh tak acuh terhadap pr siswanya tersebut. Kerena salah satu faktor keberhasilan siswa tersebut tergantung pada pendididk atau tenaga pengajar itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar