Selasa, 13 Desember 2016

Makhluk di Bumi (LHO)


Materi LHO (X/2016-2017)
Makhluk di Bumi ini
1.      Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan melakukan pengelompokkan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
2.      Semua benda ini dapat diklasifikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Benda hidup mempunyai ciri umum seperti: bergerak, bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3.      Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh hewan. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan hewan tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
4.      Selanjutnya, hewan dapat dibagi menjadi vertebrata dan inveterbrata. Vertebrata bertulang belakang, meliputi: manusia, burung, kucing, katak, dan lain-lain. Sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi: ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar