Selasa, 13 Desember 2016

Transkip Micro Teaching


TRANSKIP MICRO TEACHING
Guru                : “Assalamualaikum wr.wb”.
Siswa               : “Walaikumsalam wr.wb”.
Guru                : “Pagi anak-anak.....”
Siswa               : “pagi juga buk” (menjawab dengan serentak).
Guru                : “Bagaimana kabarnya hari ini?”
Siswa               : “Sehat buk! (jawab siswa-siswi dengan kompak)”.
Guru                : “Ya baiklah, kita awali pelajaran hari ini dengan membaca
Basmalah”.
Siswa               : “Bismillahirrahmanirrahim (jawab siswa-siswi dengan kompak)”.
Guru                : “Pada pagi ini kita akan belajar menanggapi hal-hal yang menarik
Dari kutipan novel”.
Sebelumnya, ibu akan mengulang sedikit tentang pelajaran minggu lalu tentang unsur-unsur intrinsik karena nantinya akan kita hubungkan dengan pelajaran kita yaitu mengemukakan hal menarik dari kutipan novel yang akan kita diskusikan nantinya.
“Siapa yang masih ingat apa itu unsur intrinsik dan apa saja yang terdapat dalam unsur-unsur intrinsik tersebut?”
Salah satu siswa mengacungkan tangannya (Samsul)
Siswa               : “Saya buk!” (Samsul)
Guru                : “Ya! Coba kamu jelaskan apa itu unsur intrinsik dan apa saja
Yang terdapat di dalam unsur intrinsik tersebut?”
Siswa               : “Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun dari dalam
Karya sastra itu sendiri. Yang terdapat dalam unsur intrinsik itu sendiri diantaranya seperti : tema yaitu gagasan atau dasar umum yang menompang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks sebagai struktur semantis dan yang menyangkut persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan, cerita atau plot yaitu rangkaian peristiwa (peristiwa, konflik, klimaks), latar yaitu segala petunjuk, keterangan, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam suatu karya sastra, penokohan yaitu pelaku dalam cerita tersebut, dan amanat yaitu pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca dari bacaan karya sastra tersebut”.
Guru                : “Ya, bagus...! ternyata Ananda semua masih ingat tentang
Pelajaran minggu lalu. Dan ibu anggap semuanya sudah mengerti tentang apa itu unsur intrinsik dan apa saja pembagian dalam unsur intrinsik tersebut. selanjutnya kita akan melanjutkan pelajaran kita yaitu mengemukakan hal yang menarik dari kutipan sebuah novel remaja (asli atau terjemahan) berdasarkan unsur intrinsik tersebut, namun ibu hanya membatasi pada unsur intrinsik berdasarkan amanat dan tema dalam penokohan kutipan novel tersebut”. Sebelumnya ibu ingin bertanya dulu,  siapa diantara Ananda semua yang pernah membaca kutipan sebuah novel.....?”
Salah satu siswa mengacungkan tangan
Siswa               : (samsul) “Saya Buk!”
Guru                : “ Ya, (Samsul)  kutipan novel apa yang pernah kamu baca?”
Siswa               : “ Kutipan Novel Cinta di Atas Awan buk!”
Guru                : “Coba kamu kemukakan hal-hal menarik dari kutipan novel
tersebut?”
Siswa               : “Dari kutipan novel tersebut, dapat diambil suatu amanat atau
Pesan yang berharga, dimana kita tidak boleh cepat percaya dengan orang yang baru kita kenal, apalagi jatuh cinta pada pandangan pertama padahal kita belum mengenal secara detail bagaimana kepribadiannya”.
Guru                : “Ya, benar sekali apa yang dikatakan samsul.! Kita memang
Seharusnya tidak boleh percaya begitu saja dengan seseorang yang baru saja kita kenal, terutama jatuh cinta kepadanya”.Ya, ada lagi yang ingin menyampaikan pendapatnya mengenai kutipan novel yang pernah dibaca serta hal-hal menarik dalam kutipan novel tersebut?”
Siswa               : “.....................(jika ada siswa yang berpendapat lain tentang
Kutipan novel yang dibacanya”).
Guru                : “Untuk lebih jelasnya, Ibu akan menjelaskan pengertian novel,
serta di akhir pembelajaran ini, ibu akan memberikan sebuah contoh kutipan novel yang akan kalian kemukakan hal-hal menarik apa yang terdapat dalam novel tersebut berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya (penokohan dan amanat) melalui diskusi kelompok nantinya”.
Ya, novel secara bahasa berasal dari bahasa Italia yaitu novella dan ada juga yang berpendapat bahwa novel berasal dari bahasa latin yakni berasal dari kata novellus, kata novellus sendiri merupakan turunan dari kata novies yang berarti baru. Jadi, novel secara secara bahasa berarti baru.  Secara terminologi menurut Jassin novel menceritakan suatu peristiwa yang terjadi secara luar biasa dari tokoh yang ada dalam cerita itu menimbulkan pergolakkan bathin yang mengubah perjalanan nasib tokohnya. Sedangkan menurut Departemen Pendidikan mendefiniskan novel sebagai suatu karangan yang panjang dan berbentuk prosa dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. 
Disini kita akan membahas unsur intrinsik untuk mengemukakan hal menarik dalam kutipan novel yang dibatasi pada unsur intrinsik yaitu penokohan dan amanat yang terdapat dalam kutipan novel dibahumu kubagi dukaku.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar